Apa itu Vegetarian?

VEGETARIAN



a. Sejarah vegetarian
Vegetarian berasal dari bahasa latin vegetus yang berarti keseluruhan, sehat, dan hidup. Vegetarian ternyata sudah ada sejak jaman dulu. Sejarah mencatat, vegetarian sudah dipraktikan di India sebagai ritual keagamaan tahun 2000 SM. Pythagoras, seorang ahli matematika yunani merupakan seorang vegetarian dan salah satu orang yang mengajarkan poa makan tanpa daging. Pythagoras mendirikan sekolah yang dimana semua murid-murid menjalankan pola makan vegetarian. Istilah vegetarian dipopulerkan pertama kali pada 30 september 1847 oleh Joseph Brotheron, di Norhwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu pula terbentuk satu komunitas vegetarian di Inggris (Ara Rossi, 2012).

b. Pengertian vegetarian
Vegetarian merupakan sebutan bagi orang yang hanya mengonsumsi makanan dari tumbuhan-tumbuhan yang meliputi sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Kebiasaan makan-makanan yang berasal 7 dari tumbuh-tumbuhan bukan merupakan ajaran agama tertentu saja, namun lebih disebabkan adanya keyakinan bahwa makanan vegetarian adalah makanan yang terbaik bagi kesehatan (Karnia Padmasuri, 2015). Sedangkan menurut (Susianto, 2015), vegetarian adalah orang yang mengonsumsi produk nabati, dengan atau tanpa susu dan telur, juga menghindari konsumsi daging, unggas dan hewan laut. Dari berbagai pendapat di atas dapat dirangkum bahwa vegetarian merupakan pola makan yang menghindari konsumsi protein hewani, meskipun tidak mengkonsumsi protein hewani, pola makan vegetarian jarang terjadi kekurangan protein, yaitu dengan cara mengonsumsi lebih dari satu protein nabati.

c. Jenis vegetarian 
Vegetarian dikelompokan berdasarkan susunan menu dan tingkat kesulitannya. Vegetarian yang hanya mengonsumsi makanan nabati disbut dengan vegan, sedangkan vegetarian yang mengonsumsi makanan nabati, susu, dan produk olahannya disebut Vegetarian Lacto. Vegetarian yang mengonsumsi makanan nabati, telur, susu dan prosuk olahan nabati lainnya disebut Vegetarian Lacto-Ovo (Kusharisupeni, 2010).
Vegetarian memiliki beberapa macam jenis-jenisnya yaitu:
1) Vegetarian fruitarian
kelompok ini pantang mengkonsumsi produk hewani dan tanaman yang langsung mati saat dipanen, seperti lobak dan wortel. Penganut vegetarian fluctarian ini beresiko ke kurangan zat gizi.
2) Vegan
Kelompok ini sama sekali tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, Vegan adalah golongan vegetarian murni, mereka sama sekali tidak menyantap daging, susu, telur, dan hasil olahannya. Mereka hanya makanmakanan yang berasal dari nabati. Pola makan vegan rawan akan kekurangan za-zat gizi tertentu, mengingat produk hewani yang dipantangkan merupakan sumber protein, oleh sebab itu kelompok vegan harus pintar-pintar mengatur pola makan.
3) Lacto-ovo vegetarian
Kelompok ini masih mau mengkonsumsi telur dan susu
4) Ovo-vegetarian
Kelompok ini masih mengkonsumsi telur
5) Lacto-vegetarian
Kelompok ini, selain mengkonsumsi bahan makanan nabati, masih mengonsumsi susu dan olahannya, seperti youghurt dan keju.
6) Vegetarian Pesco
Kelompok ini diperbolehkan menyantap ikan, namun produk nabati tetap merupakan makanan utama. 7) Semi-vegetarian
Kelompok ini paling longgar di bandingkan jenis vegetarian yang lain. Kelompok ini pantang makan daging merah namun masih memperbolehkan makan daging unggas.

Dijelaskan dari sumber lain juga jenis-jenis vegetarian terbagi dalam beberapa kelompok
1) Vegan
Vegan sering disebut sebagai vegetarian total, atau vegetarian murni. Vegan ini adalah orang atau kelompok yang tidak mengkonsumsi atau memakan produk hewani apapun. Selain itu mereka juga menghindari madu dan juga produk hewan seperti kulit hewan ataupun kosmetik yang mengandung produk hewani.
2) Lacto vegetarian
Lacto vegetarian adalah vegetarian yang mengkonsumsi bahan pangan nabati, dan tidak mengkonsumsi daging ternak, daging unggas, ikan dan telur. Kelompok ini masih diperbolehkan mengkonsumsi susu serta hasil olahannya seperti keju, dan yoghurt.
3) Vegetarian ovo
Vegetarian ovo ini adalah tipe vegetarian yang berpantangan makan daging ternak, daging unggas, ikan, susu, dan produk olahan lainnya. Namun jenis ini masih mengonsumsi telur
4) Vegetarian lacto-ovo
Lacto-ovo vegetarian adalah vegetarian yang mengonsumsi bahan nabati dan tidak mengonsumsi daging lemak, daging unggas, ikan. Kelompok ini masih diperbolehkan mengonsumsi susu dan telur beserta olahannya .
5) Pseudo vegetarian
Pseudo vegetarian ini adalah kelompok yang hanya menghindari daging merah saja dan masih mengonsumsi daging ayam dan ikan secara rutin.
6) Pollo-vegetarian
10 Pollo vegetarian
adalah tipe yang masih mengonsumsi daging unggas, seperti ayam, kalkun, dan bebek. Namun, tidak mengonsumsi jenis daging lainnya.
7) Pesco-Vegetarian.
Pesco-vegetarian atau juga dikenal dengan pescatarian adalah tipe vegetarian yang menghindari segala jenis daging. Namun, masih mengonsumsi ikan.
8) Semi vegetarian atau flexitarian Flexitarian
ini merupakan jenis vegetarian yang secara tidak rutin mengonsumsi daging. Maksudnya, kelompok vegetarian ini mengonsumsi daging hanya sekali saja dalam satu minggu atau saat-saat tertentu saja 9) Frutarian Frutarian
ini merupakan jenis vegetarian yang tidak mengonsumsi jenis daging apapun. Kelompok vegetarian ini hanya mengonsumsi buah-buahan sebagai makanan sehari-hari.

Dari jenis-jenis vegetarian diatas dapat disimpulkan, bahwa vegetarian masih diperbolehkan mengonsumsi daging, namun pada umumnya vegetarian lebih mengurangi atau menghindari konsumsi daging. Jadi, agar pola makan vegetarian tetap sehat dan memiliki gizi yang cukup maka harus dilakukan penyusunan menu yang baik.

d. Bahan pangan vegetarian
Sumber protein yang diistilahkan daging bagi para vegetarian
1) Gluten
adalah daging tiruan yang paling popuer di kalangan vegetarian, gluten ini digunaakan sebagai olahan seperti daging, rendang, bakso, sate, empal, dan lain-lain. Gluten terbuat dari tepung terigu yang diuleni dengan kalis, lalu dibilas berkali-kali hingga dihasilkan sari pati tepung yang bertekstur kenyal seperti daging
2) Protein
Proteina merupakan olahan yang terbuat dari jagung dan memiliki rasa yang gurih. Proteina memiliki tiga pilihan bentuk, yatu cincang, kasar, dan irisan
3) Kaki jamur J
Jamur tiram, jamur kancing, jamur hioko, dan semua jenis jamur adalah salah satu jenis tanaman yang rasa dan bentuknya jika sudah diolah hampir menyerupai daging. Jamur tiram atau oyster mushroom termasuk jamur yang memiliki kandungan nutrisi seperti B2, vitamin B1, fosfor, besi kalsium, karbohidrat, dan protein.

Beberapa bahan pangan bagi vegetarian untuk mencukupi nutrisi
1) Daun hijau gelap
Daun ini merupakan makanan yang penuh nutrisi untuk tulang seperti kalsium, magnesium, potasium, dan vitamin K. Daun ini bisa langsung dikonsumsi dalam keadaan mentah atau bisa juga dengan cara dimasak. Daun ini menyediakan protein dan lemak serta omega 3 dalam jumlah tidak banyak, namun daun ini mengandung banyak serat dan antioksidan .
2) Kacang
Kacang kaya protein, serat, dan antioksidan. Kacang adalah sumber protein terbaik.
3) Berry
Berry merupakan buah yang memiliki kandungan serat paling banyak serta antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
4) Biji-bijian
Mengandung lemak sehat dan antioksidan seperti vitamin E, serta protein dan karbohidrat.
5) Paprika, wortel dan tomat Paprika, wortel, dan tomat adalah jenis makanan yang kaya akan warna, dan memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Dianjurkan perbanyak mengonsumsi sayur dan buah aneka warna, karena hal tersebut bisa membantu dalam kecukupan nutrisi. pasang iklan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata tersembunyi di calon ibukota Indonesia